Selasa, 13 Maret 2012

Laut

Salah satu bentuk pantai
Lautan merupakan suatu tempat pencarian bagi penduduk di Asia Tenggara yang telah berumur berabad-abad lamanya, termasuk Indonesia yang termasuk Negara kepulauan dengan puluhan ribu pulaunya. Sejak dahulu laut telah memberi manfaat bagi menusia untuk digunakan sebagai sarana bepergian, perniagaan, perhubungan dari satu tempat ke tempat lain.
 Akhir-akhir ini diketahui bahwa lautan mengandung banyak sumber-sumber alam (seperti sumber makanan, sumber fisika, kimia, biologi, obat-obatan, kecantikan, dan bahkan sumber energi) yang jumlahnya berlimpah-limpah. Sehingga laut merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh laut, yang meliputi perairan dari pantai sampai ke dasar laut. Luas daratan di permukaan bumi kurang dari 30 %. Jadi perbandingan antara luas laut dan daratan adalah 7 : 3.

Bagaimana kita melestarikan lautan agar tetap bermanfaat bagi makhluk hidup di bumi? Temukan jawabannya dalam materi ini.

Lapisan air (hidrosfer) ditinjau dari lokasinya dapat dibedakan menjadi perairan darat dan perairan laut. Perairan darat merupakan bagian dari hidrosfer dalam bentuk air tanah, sungai, danau, dan rawa, sedangkan perairan laut sebagai bagian terbesar dari hidrosfer adalah dalam bentuk samudera, laut, dan selat.

Zona Pesisir dan Laut
1.     Zona Pesisir
Zona pesisir merupakan wilayah sepanjang pantai yang masih dipengaruhi laut dan angin laut. Zona ini berbatasan dengan pantai. Pada zona pantai terjadi gelombang sehingga gerakan air laut permukaan ini mempengaruhi bentuk pantai.
Wilayah pesisir merupakan suatu wilayah yang unik seperti terdapat hutan mangrove, terumbu karang, pantai, gelombang pasang, dan pulau penghalang yang semua ini hanya terdapat di daerah pesisir. Lingkungan pesisir adalah batas pertemuan antara darat dan laut, dan daerah ini meliputi wilayah sekitar 8% permukaan bumi.

Pesisir dapat dibedakan menjadi tiga bagian:
  1. Foreshor, adalah bagian pesisir muka pasang terendah sampai garis ketinggian muka air pada waktu pasang.
  2. Backshor, adalah bagian pesisir mulai batas foreshore sampai garis pantai.
  3. Offshore, adalah lepas pantai.
2.     Pantai (shore)
Pada dasarnya perairan laut itu menyangkut dua hal, yaitu laut dan pantai. Lautan merupakan wilayah air yang meliputi permukaan lautan, dalam lautan, dan dasar lautan. Sedangkan pantai adalah suatu bentang daratan tempat pasang surutnya air laut. Pantai adalah bagian dari daratan yang berbatasan dengan laut yang berada di bawah pengaruh gelombang. Pantai juga disebut daerah yang meliputi pesisir sampai daerah yang lebih jauh ke arah daratan, tetapi batasnya kurang jelas.
Dengan demikian garis pantai selalu berubah tergantung dari pasang surut air laut. Kawasan pantai dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Kawasan lepas pantai (offshore) yaitu daerah yang ada di luar lintasan gelombang laut.
  2. Kawasan tepi laut depan (foreshore) dibatasai dari zona pasang rendah hingga pasang tinggi.
  3. Kawasan tepi laut belakang (backshore) yaitu kawasan yang tidak tergenang laut pada waktu pasang tinggi, tetapi hanya terbenam bila ada gelombang atau pasang yang sangat besar.
Klasifikasi pantai
Pantai menurut letak pegunungan di sekitarnya.
  1. Pantai neutral adalah pantai yang tidak berbatasan dengan pegunungan yang letaknya di sekitar dataran tinggi atau dataran rendah. Contoh: Pantai Utara Jawa dan Pantai Timur Sumatera.
  2. Pantai Diskordan adalah pantai yang tegak lurus dengan pegunungan. Contoh: Pantai Afrika (dataran tinggi) dan Pantai Selatan Amerika Serikat (dataran rendah).
  3. Pantai Konkordan adalah pantai yang sejajar dengan pegunungan dan pada umumnya curam. Contoh: Pantai Barat Sumatera sejajar dengan Pegunungan Bukit Barisan.
Pantai berdasarkan terjadinya
  1. Pantai Karang adalah pantai yang banyak pulau karangnya.
  2. Pantai Berdanau adalah pantai yang curam dengan disertai danau pantai.
  3. Pantai Liman adalah pantai yang terjadi karena dasar muara sungai mengalami penurunan yang disebabkan oleh erosi.
  4. Pantai Estuarium (muara) adalah pantai yang berbentuk seperti corong yang disebabkan oleh erosi pantai.
  5. Pantai Delta adalah pantai yang di muara sungainya banyak terdapat delta. Contoh: Muara Sungai Musi, Brantas, Mahakam, Kapuas.
  6. Pantai Woden adalah pantai yang datar dan banyak mengandung lumpur.
  7. Pantai Fyord adalah pantai yang dalam dan bertebing curam.
  8. Pantai Skeren adalah pantai yang bertebing curam dan teluknya tidak begitu masuk ke dalam serta di muara banyak di jumpai pulau.
  9. Pantai Ria adalah pantai yang dalam, agak lebar, dan tebingnya tidak begitu curam.
Pantai berdasarkan bentuk pantainya
  1. Pantai Curam adalah pantai tersebut biasanya terdapat di daerah pegunungan yang berbatasan langsung dengan laut, baik yang sejajar maupun yang memotong garis pantai.
  2. Pantai Landai adalah bentuk permukaan pantai tidak selalu tetap, tetapi senantiasa mengalami perubahan.
Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan bentuk pantai:
  1. Gelombang arus dan pasang surut.
  2. Sifat bagian daratan yang mendapat pengaruh proses-proses laut. Misalnya: pantai landai atau pantai curam dataran tinggi atau dataran rendah, batuannya keras atau lunak.
  3. Perubahan ketinggian relief permukaan laut yang disebabkan oleh pembekuan atau pencairan es atau disebabkan oleh proses endogenik.
  4. Adanya terumbu karang, erupsi gunung api atau adanya gletser.
  5. Adanya pembangunan pelabuhan, pengeringan rawa, dan pengerukan muara sungai.
3.     Gisik (beach)
Gisik adalah wilayah pantai yang material batuan atau tanahnya berupa pasir. Kawasan pantai yang material batuannya bukan pasir seperti batu gamping atau batu vulkanis yang tidak berwujud pasir tidak dapat disebut gisik.

4 komentar:

  1. pak sumbernya atau buku darimana ya ini postingannya? kalo boleh tahu , kalo buku penerbit dan pengarangnya siapa ya? terimakasih, indar , sby

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sangat membantu sekali artikelnya

    BalasHapus
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus